Laman

Kamis, 10 Februari 2011

Seleksi Masuk PTN, Usai Pengumuman UN

Seleksi Masuk PTN, Usai Pengumuman UN

Agar siswa SMA/MA/SMK bisa sepenuhnya berkonsentrasi pada ujian nasional terlebih dahulu. Maka seleksi penerimaan mahasiswa baru di perguruan tinggi negeri, baik yang lewat jalur nasional maupun mandiri, baru dilaksanakan setelah pengumuman kelulusan siswa SMA/MA/SMK.

Ujian nasional (UN) yang akan dilaksanakan pada 18-21 April dan ujian susulan 25-28 April. Adapun pengumuman kelulusan paling lambat 16 Mei. Seleksi masuk PTN secara nasional tetap bernama seleksi nasional masuk PTN (SNMPTN). Namun, mulai tahun ini dibuka melalui dua jalur yakni ujian tulis dan undangan.

SNMPTN undangan hanya terbuka untuk siswa yang sekolahnya mendapat undangan panitia SNMPTN. Jalur ini untuk menampung siswa-siswa yang berprestasi konstan sejak dari kelas 1-3 yang dilihat dari nilai raport.

Siswa yang boleh mengikuti jalur ini haruslah masuk dalam kategori 25 persen siswa terbaik di sekolahnya yang sudah terakreditasi. Siswa bisa memilih dua PTN di manapun. Di tiap PTN mereka bisa memilih masing-masing dua program studi.

Pelaksanaan SNMPTN undangan mendahului SNMPTN ujian tulis. Pengumuman penerimaan siswa yang lolos lewat jalur ini bisa saja sebelum pengumuman kelulusan UN
.

Ketua Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri (PTN), Musliar Kasim, menjelaskan ada 60 PTN di bawah Kementerian Pendidikan Nasional dan Agama yang ambil bagian di SNMPTN tahun ini.

Sedangkan untuk jalur mandiri yang dilaksanakan masing-masing PTN, dilaksanakan usai pengumuman SNMPTN. Diperkirakan jalur mandiri mulai dibuka awal Juli.

JAKARTA, CyberNews.

Tidak ada komentar: